اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kamis, 13 Januari 2011

Arti Sebuah Kata Santri

ARTI KATA SANTRI
Oleh : Ibnu Muslih 1)
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
اَلحْـَـــمْدُ لِلهِ الَّذِى جَعَلَنَا مِنْ اُمَّةِ محمدٍ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِ الانبياء والمرسلين وعلى اله وصحبه اجمعين اما بعدُ
Para Alim Ulama’ yang saya ta’dhimi, khusushon kepada Ustadz Munadzir Imron serlaku pengasuh Madrasah Diniyah Maiftahul Huda yang senatiasa kita harapkan ilmu manfaat, barokah serta fatwa-fatwanya. Kepada Dewan Asatidz-Asatidzah yang saya hormati, kepada Pengurus Madrasah yang kita taati peraturannya wa insya Alloh, dan kepada semua teman santri sejalan, seperguruan yang saya banggakan.
Marilah kita bersyukur kehadirat Alloh SWT, yang telah memberikan ni’mat iman dan islam kepada kita sehingga saat ini kita masih dapat melaksanakan aktifitas ibadah ya’ni tholabul ilmi.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan keharibaan Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, Beliaulah satu-satunya Nabi yang mampu memberi Syafaat kelak di hari kiamat.

Teman-teman Santri seiman, seislam dan seperjuangan
Malam ini adalah malam yang menegangkan bagi saya yang ada di depan, Mengapa…? Jawab aja sendiri. Kita semua adalah santri, Namun kita kurang mengetahui apa itu dan siapa itu santri ? andaikan kita mengetahui dan mau mengamalkan kata santri itu sendiri Insya Alloh kita akan sukses dimanapaun kita berada
SANTRI merupakan singkatan dari Sabar, Amanah, Niyabah. Tawakkal, Ridho, dan Istiqomah.
Sabar; Firman Alloh dalam Al-Qur’an : ان الله مع الصابرين...{ الاية }, Awal kita masuk ke pesantren memang harus sabar kalau tidak sabar,tidak kerasa, tentu sudah terbang duluan. Iya….kan?, dalam hal ini kita harus sabar dalam melaksanakan syari’at islam, maksudnya waktunya ngaji ya ikut ngaji, waktunya sekolah ya.. sekolah. waktunya Sholat ya sholat. selanjutnya adalah sabar dalam rangka meninggalkan larangan islam, ya’ni tidak melanggar peraturan pesantren, seperti menghasab… jangan, mencuri …jangan, bertengkar sesama teman ....juga jangan, Pacaran……oh ya jangan sampai deh…….jadi harus selalu sabar, dan yang terakhir adalah sabar menerima cobaan, tidak mudah putus asa.

Teman-teman Santri Senasib, Seperjuangan yang tercinta
Yang ke-2 adalah : Amanah maksudnya kita sebagai santri harus mampu melaksanakan amanah yang telah dibebankan kepada kita; apa itu ?....Kita adalah santri, agar dapat menjadi generasi muda yang baik serta benar maka kita harus menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh karena dengan ilmu itulah kita akan selamat dan bahagia hingga akhir masa. kita jauh-jauh dari rumah datang ke sini, ke pesantren ini tidak lain berdasarkan niatmencari Ilmu karena Alloh dan menghilangkan kebodohan.
Selanjutnya adalah Niyabah yakni mampu menjadi ganti maksudnya adalah seorang santri diharapkan menjadi orang yang serba guna, serba bisa dalam segala permasalahan, Kades mati.. bisa jadi kades, Camat meninggal.. mampu jadi camat begitu juga ketika seorang kiai wafat.. maka seorang santri mampu meneruskan perjuangannya dan pada giliranya mampu mengantikan hal hal yang kurang atau tidak baik menjadi baik.
Kata SANTRI yang keempat adalah huruf T artinya adalah Tawakkal; setelah kita berusaha sabar melaksanakan perintah, meninggalkan larangan, serta mampu memegang amanah dan telah berhasil menggantikan yang jelek menjadi baik maka tingkatan selanjutnya kita harus tawakkal (menyerahkan diri) kita sepenuhnya kepada Sang Maha Kuasa, Apapun rencana kita, usaha kita, Tuhanlah penentu akhirnya. Oleh karena itu bertawakallah ………………….

Teman –teman ku yang sejati dan dewan juri yang baik hati
Kemudian adalah Ridho, Rela menerima apa yang telah ditakdirkan Alloh SWT untuk kita, eh……….jadi petani, ya..petani yang beriman ( tidak merampas sawahnya teman ), kebetulan jadi pedagang, ya ….pedagang yang beriman (tidak mengurangi timbangan), jadi pejabat,…ya..Pejabat yang beriman ( Tidak suka korupsian ), begitu juga kita yang menjadi santri ya….jadilah santri yang beriman ( ngajinya tidak malas-malasan serta tidak melanggar peraturan) dan lain sebagainya.
Terkhir adalah I yaitu Istiqomah, Konsisten /terus menerus dalam meningkatkan kebaikan, istiqomah bukan berarti tetap tidak bergerak, kalau dulu awal masuk pondok sholatnya hanya sholat fardlu maka sekarang harus ditambah dengan sholat sunat, kalau dulu baca Al-Quran sehari sekali maka sekarang paling tidak lima (5) kali sehari dan lain-lain. Istiqomah ini hanya khusus dalam kebaikan bukan keburukan, jadi kalau dulu awalanya suka nonton TV di rumah sekarang harus di kurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali bukan malah ditingkatkan nonton TV-nya. Mau jadi apa………..?

Teman –teman Santri yang indah menawan hati dan dewan juri yang baik hati
Agar tidak lupa akan apa yang telah saya sampaikan coba jawab bersama-sama:
Kata SANTRI ?! .S, artinya……. A, artinya……N, artinya……T, artinya……R, artinya……I, artinya……
Terima kasih, Hanya ini yang dapat saya sampaikan, sebagai manusia biasa, saya tidak mungkin lepas dari khilaf dan lupa maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat fiddini wad dunya wal akhiroh. Amin اِهْدِنَا الصِّرَاطَ المُسْتَقِيْم وبالله التوفيق والهداية
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar